fbpx

10+ Buah yang Baik untuk Usia 50 Tahun ke Atas agar Tetap Bugar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Data Riskesdas Kementerian Kesehatan, 95,5% masyarakat Indonesia kurang makan sayur dan buah. Memasuki usia 50 tahun, pastikan Anda bukan salah satunya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Pada dasarnya, buah-buahan itu memang bagus bagi kesehatan manusia secara umum. Namun, ada sebagian buah yang baik untuk usia 50 tahun ke atas. Jadi, sangat cocok Anda konsumsi.

Berbagi risiko penyakit berat, seperti jantung, kolesterol, diabetes, obesitas, hingga kanker, dapat Anda cegah dan tanggulangi dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan tertentu. Tentu saja, dampaknya Anda akan lebih sehat dan tenang melalui masa senja.

Buah yang baik untuk usia 50 tahun ke atas

Penasaran apa saja buah-buahan tersebut? Mari kita ulas satu per satu!

1. Apel

Apel merupakan makanan yang baik untuk wanita usia 50 tahun ke atas.

Dalam sebuah penelitian yang dengan objek 34 ribu wanita, terungkap bahwa apel menjadi buah-buahan paling berpengaruh dalam mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskular.

Nutrisi dalam apel juga tak hanya bagus untuk wanita, secara umum khasiatnya oke juga untuk pria. Mulai dari menurunkan kadar kolesterol, menjaga imunitas tubuh, hingga mencegah sembelit. Hebat ya?

2. Alpukat

Terdapat 20 jenis vitamin dan mineral berbeda dalam satu buah alpukat. Dengan kekayaan nutrisinya, siapa mampu meragukan bahwa buah ini bisa jadi makanan tambahan untuk usia 50 tahun yang sangat bermanfaat?

Selain kaya dengan serat, alpukat juga cocok untuk melawan kolesterol jahat, mengontrol jantung, sekaligus membuat mata lebih sehat. Kandungan potasiumnya juga lebih tinggi dari pisang. Artinya, alpukat bagus membantu kerja tubuh, otot, termasuk melawan osteoporosis.

3. Jambu biji

Ketimbang jeruk, jambu biji lebih kaya dengan vitamin C. Anda bisa bayangkan, per 100 gram jambu biji memiliki 183 miligram vitamin C. Jauh lebih besar ketimbang jeruk yang hanya 50 miligram.

Dengan kandungannya tersebut, jambu biji punya kemampuan mencegah kerapuhan pembuluh darah, meredakan sakit gigi, memperlancar pencernaan, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga termasuk aman bagi penderita diabetes. 

4. Strawberry

Ada banyak buah yang terkategori beri. Di Indonesia, strawberry adalah yang paling populer dan mudah Anda temukan. Bukan hanya cantik bentuknya, nyatanya buah ini memiliki senyawa antioksidan dan penghambat tumor.

Mengonsumsi strawberry dapat membantu tubuh Anda melawan berbagai radikal bebas dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Mulai dari kanker usus besar, prostat, hingga kerongkongan. Selain itu, dapat juga mengontrol kadar kolesterol, menjaga gula darah, serta membuat kulit tetap sehat.

5. Jeruk bali

Tumpukan lemak di usia 50 tahun ke atas mungkin jadi masalah Anda. Solusinya, Anda dapat mencoba mengkonsumsi jeruk bali. Popularitas jeruk bali sudah mendunia sebagai teman diet usia 50 tahun ke atas. Ia punya kemampuan membakar lemak yang baik.

Selain itu, buah ini juga rendah kalori dan memiliki kandungan serat larut untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hanya, untuk rutin mengkonsumsinya, Anda perlu konsultasi dengan dokter. Ketika Anda sedang mengkonsumsi obat tertentu, reaksinya bisa jadi kurang baik.

6. Delima

Buah berwarna merah terang ini juga terkenal memiliki banyak khasiat luar biasa bagi kesehatan. Belakangan, ditemukan bahwa khasiatnya juga berhubungan dengan salah satu penyakit berbahaya yang mungkin menyerang wanita lansia, yakni kanker payudara.

Berdasarkan riset, buah delima mengandung asam ellagic. Kandungan ini terbukti mampu menekan produksi hormon estrogen sekaligus mencegah pertumbuhan sel kanker payudara.  Jadi, Anda yang punya kekhawatiran ini bisa mulai mengkonsumsinya sejak sekarang.

7. Blueberry

Semakin tua, kinerja otak Anda mungkin terasa menurun. Performanya yang tak normal lagi sebenarnya bisa Anda kurangi dengan memakan beberapa buah, salah satunya blueberry.

Di dalam blueberry, terdapat kandungan antioksidan yang relatif tinggi. Berdasarkan riset, keberadaannya terkait dengan pencegahan penurunan kemampuan daya ingat akibat proses penuaan. Meski mungkin tak benar-benar membuat daya ingat Anda sama ketika masih remaja, namun percayalah ini membantu agar pengaruh usia itu tak begitu besar.

8. Tomat

Buah yang sering jadi campuran masakan ini ternyata menyehatkan juga lho. Untuk dapatkan nutrisinya yang kaya, Anda bisa mengonsumsinya secara mentah atau diolah jadi jus. Adapun jika konsumsi dengan cara memasak, apalagi jika terlalu lama, nutrisinya malah jadi larut.

Khasiat tomat salah satunya adalah memperlancar pencernaan. Persoalan sembelit dan susah buang air besar bisa Anda atasi dengan rutin mengkonsumsinya. Selain itu, tomat juga turut berkontribusi bagi kesehatan jantung, mencegah penuaan pada kulit, serta menguatkan daya penglihatan.

9. Pir

Tumbuh dan berkembang dari daerah Tiongkok dan Timur Tengah, kini pir relatif mudah untuk Anda temukan. Buah ini juga kaya khasiat, khususnya berhubungan dengan masalah diabetes.

Kandungan flavonoid dalam buah pir, terbukti mampu mencegah dan mengobati penderita diabetes. Kadar Indeks Glikemik yang rendah menjadikannya ramah bagi pengidap penyakit gula. Bukan hanya itu, nutrisi lain di dalamnya juga mengandung anti inflamasi (peradangan) dan zat besi yang menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh.

10. Buah Naga

Terakhir, kami rekomendasikan buah naga, khususnya bagi Anda yang berupaya bebas dari penyakit stroke. Ada kekayaan magnesium dalam buah ini.

Berdasarkan penelitian, magnesium punya peran dalam mengurangi risiko stroke dan jantung. Menariknya, 1 cangkir buah naga sudah mampu memenuhi 18% kebutuhan harian magnesium Anda. Buah naga juga relatif kaya dengan cairan, vitamin C, serta zat besi yang tubuh butuhkan.

11. Biji pepaya

Jika Anda punya perhatian pada ginjal, maka rutin makan biji pepaya bisa jadi solusi. Tentu tak sulit menemukannya bukan?

Biji pepaya sangat kaya dengan antioksidan. Pengaruhnya membantu menghalau berbagai kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh sehingga kesehatan ginjal terlindungi. Kandungannya juga bisa membunuh bakteri dan menghilangkan nyeri pada tubuh.

Buah yang sebaiknya dihindari usia 50 tahun ke atas 

Faktanya, tidak semua buah baik untuk Anda. Dalam kondisi tertentu, ada beberapa buah yang justru sebaiknya Anda hindari. Berikut daftarnya untuk Anda!

1. Belimbing

Dalam kondisi normal, sah-sah saja Anda konsumsi buah yang menyegarkan ini. Namun, ketika Anda punya problem dengan ginjal, sebaiknya hindari belimbing. Neurotoxin di dalamnya tak baik untuk Anda, karena bisa memicu berbagai efek samping berbahaya.

Di luar pengaruh buruknya bagi ginjal, belimbing tetap bisa Anda makan. Ia mampu berperan dalam menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, serta meningkatkan kesehatan kulit.

2. Durian

Ambisi Anda untuk mempertahankan berat badan dalam kondisi ideal bisa gagal jika makan durian terlalu banyak. Dalam 100 gram durian, terkandung 159 kalori. Jelas jumlah yang tinggi dan mempercepat tubuh menjadi gemuk.

Akan tetapi, jika Anda mampu mengontrol konsumsinya, durian itu bisa bagus kok untuk tubuh. Kandungan vitamin B6, vitamin C, riboflavin, serta potasium jelas bermanfaat untuk masa senja Anda.

3. Pisang

Sebenarnya, buah ini menyehatkan dan kaya nutrisi. Hanya, ia mesti menjadi musuh bagi penderita diabetes. Mengkonsumsinya akan membuat kadar gula darah melonjak dan tak stabil. Maka, sebaiknya hindari 100% jika Anda punya penyakit ini.

Namun jika Anda tak punya masalah diabetes, mengkonsumsi pisang sangat bermanfaat. Pisang mengandung berbagai vitamin untuk usia 50 tahun ke atas, seperti vitamin D, C, serta B6.

4.  Mangga

Mangga sama bahayanya bagi penderita diabetes. Indeks Glikemik yang tinggi di dalamnya bisa mengacaukan kestabilan kadar gula dalam tubuh Anda. Hindari mangga secara penuh agar diabetes Anda tidak semakin parah.

Di luar itu, mangga punya nutrisi luar biasa. Anda dapat memakannya untuk membantu meningkatkan daya tubuh, mengatasi sembelit, serta menjaga kulit lebih sehat.

Rekomendasi 

Untuk hasil maksimal, Anda bisa konsumsi buah-buahan secara teratur namun tetap variatif. Pelajari kandungan nutrisinya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk melengkapi khasiat buah yang baik untuk usia 50 tahun ke atas, Anda bisa mengonsumsi Supergoat. Ada banyak khasiat dari susu kambing etawa bubuk ini dalam membantu kesehatan Anda di masa lansia. Pelajari lebih lanjut Supergoat Indonesia sebelum mengonsumsinya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.