fbpx

7 Buah Untuk Jantung Lemah, Kandungan dan Khasiatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Buah-buahan memang menyehatkan. Namun, 7 buah berikut ini memiliki manfaat lebih untuk Anda yang bermasalah dengan jantung.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

1 dari 500 orang di dunia berpotensi mengalami kardiomiopati atau lemah jantung. Angka tersebut cukup besar dan salah satu penderitanya mungkin Anda. Sebagai bentuk pengobatan dan penjagaannya, Anda bisa konsumsi buah untuk jantung lemah.

Hanya sebelumnya, Anda perlu garis bawahi, bahwa secara garis besar penyebab lemah jantung itu ada dua:

  • Bersifat genetis ; faktor keturunan
  • Bersifat non genetis; diakibatkan gaya hidup tidak sehat dan efek dari penyakit lain seperti hipertensi jangka panjang, jantung koroner, obesitas, komplikasi kehamilan, atau kekurangan vitamin atau mineral esensial.

Namun, sekalipun Anda mengidap kardiomiopati karena faktor genetis, sebagai wujud ikhtiar tak salah untuk mengkonsumsi buah yang tepat. Tujuannya untuk mengendalikan gejalanya, memperlambat penyakit, serta mencegah kematian mendadak.

Lalu, buah apa yang baik untuk tujuan ini? Lemah jantung harus makan apa?  Berikut penjelasannya!

1. Alpukat

Mengkonsumsi alpukat sangat baik untuk Anda. Selain bagi pengidap jantung lemah, alpukat juga cocok sebagai buah untuk jantung bengkak. Setidaknya, ada dua kandungan utama yang menjadi alasan penarikan kesimpulan ini.

  • Alpukat kaya kalium (975 miligram per 150 gram)
  • Alpukat kaya lemak jenuh tak tunggal (4,3 gram per 150 gram)

Dalam sebuah riset, kandungan kalium dalam alpukat mampu menurunkan tekanan darah rata-rata 8,0/4,1 mmHg. Sementara asam lemak jenuh tak tunggal dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah obesitas.

2. Jeruk

Sebagai buah-buahan dalam kategori sitrus, jeruk juga bagus untuk Anda konsumsi. Beberapa kandungannya berkorelasi dengan penurunan gejala lemah jantung.

  • Mengandung puluhan jenis antioksidan terutama flavonoid
  • Kaya dengan vitamin C (sekitar 50 miligram per 100 gram)

Kekayaan antioksidan pada jeruk mampu mengurangi potensi stress oksidatif yang memungkinkan potensi obesitas. Sementara vitamin C, dapat memberi kontribusi bagi penurunan kadar kolesterol jahat yang seharusnya Anda hindari.

3. Strawberi

Selain lezat, buah dalam rumpun beri ternyata baik untuk jantung. Dari sekian banyak jenis buah beri, strawberi mungkin yang paling mudah Anda jangkau. Mengapa bagus dikonsumsi?

  • Kaya dengan antioksidan, terutama untuk jenis anthocyanin
  • Termasuk buah paling rendah kalori, meski gizinya sangat kaya

Senyawa antioksidan anthocyanin, dalam riset terbukti mampu menghambat perkembangan penyakit jantung lebih buruk. Rendahnya kadar kalori juga bagus untuk mengontrol berat tubuh Anda agar tetap ideal. Jadi, Anda bisa terhindar dari obesitas.

4. Delima

Buah delima memiliki khasiat menonjol bagi penderita diabetes tipe 2. Namun, masih banyak yang belum tahu bahwa delima juga baik untuk Anda yang bermasalah dengan jantung. 

Meski menemukan jenis buah beri ini tak semudah strawberry, tapi kandungan berikut ini bisa mendorong Anda untuk mau mencarinya.

  • Kaya dengan antioksidan, termasuk anthocyanin dan polifenol
  • Rendah kalori dan kaya dengan mineral (kalium, magnesium, zinc, dsbg)

Selain anthocyanin yang khasiatnya sudah kami kemukakan, polifenol dalam delima juga dipercaya mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, bisa turut membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

5. Apel

Sebuah studi membuktikan, mengkonsumsi 2 buah apel per hari bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 4%. Karena lemah jantung tergolong jenis kardiovaskular, maka mengkonsumsi apel adalah pilihan bagus. Faktanya;

  • Apel mengandung pektin, sumber serat larut yang masuk dalam golongan karbohidrat kompleks
  • Apel kaya dengan flavonoid yang termasuk jenis polifenol.

Konsumsi makanan mengandung pektin, dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan, kadar gula darah, serta kolesterol jahat sekaligus. Sementara flavonoid, bisa berkontribusi menjaga tekanan darah tetap stabil. 

6. Pisang

Pisang menjadi solusi lain bagi Anda yang bermasalah dengan jantung. Buah ini sangat kaya dengan makronutrien. Beberapa diantaranya, berhubungan untuk kualitas jantung Anda. Misalnya:

  • Pisang kaya kalium; satu buah pisang ukuran sedang umumnya mengandung 400 miligram kalium
  • Pisang kaya magnesium; dalam 100 gram, mengandung 37 miligram magnesium

Berdasarkan riset, konsumsi kalium yang cukup mampu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 27% karena mampu mengontrol tekanan darah. Demikian halnya dengan magnesium, menurut riset, kekurangan magnesium akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

7. Tomat

Tomat juga baik untuk Anda. Mengkonsumsinya secara langsung berpotensi menjaga lemah jantung Anda tidak semakin parah. Setidaknya, ada dua nutrisi unggulan di dalam buah tomat.

  • Tomat kaya senyawa antioksidan seperti likopen dan flavonoid
  • Tomat termasuk sumber vitamin E alami yang baik

Kandungan antioksidan dalam tomat, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta tekanan darah. Meski memerlukan penelitian lebih lanjut, vitamin E merupakan vitamin untuk Jantung karena fungsi  perlindungan primer dan sekunder yang dimiliknya.

Rekomendasi

Mengkonsumsi buah-buah yang tepat memang baik untuk Anda. Namun, ini mungkin akan terasa ‘sia-sia’ jika Anda tak mengimbanginya dengan pola hidup sehat. 

Beberapa rekomendasi kami antara lain:

  • Tidur cukup ; 7-8 jam sehari dengan waktu yang teratur.
  • Olahraga yang tak terlalu berat, misalnya jalan santai, sepeda statis, atau berenang.
  • Jauhi asupan yang merusak tubuh seperti minuman beralkohol
  • Rutin cek tekanan darah, kolesterol, dan gula darah
  • Menghindari stres, bisa dengan suplemen tambahan anti stres seperti susu kambing etawa dari Supergoat.

Melengkapi konsumsi buah untuk jantung lemah dengan gaya hidup sehat, tentu berpotensi memberikan Anda manfaat berlipat. Untuk menambah wawasan, jangan lupa membaca berbagai artikel menarik seputar kesehatan dari Supergoat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.