fbpx

10 Buah untuk Diet Malam, Sehat dan Bikin Kenyang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Jika mengkonsumsinya dengan benar pada malam hari, buah-buahan ini akan membantu Anda menurunkan berat badan. Silahkan buktikan!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Mencari buah untuk diet malam yang baik tidaklah sulit. 

Berdasarkan penelitian, rendahnya kalori dan kepadatan nutrisi menjadi alasan buah-buahan bisa mendukung program diet. Sebagian buah juga mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan di malam hari lebih terkendali. Hanya, perlu diperhatikan bahwa Anda sebaiknya tidak memakannya tepat sebelum tidur. 

Buah-buahan membutuhkan waktu untuk dicerna sempurna oleh tubuh. Sementara, agar terhindar dari gangguan asam lambung, Anda perlu perut kosong saat terlelap.

Maka, ketika ingin mengonsumsi buah saat malam, beri jeda sekitar 3 jam sebelum waktu tidur. Misalnya, jika Anda biasa tidur pukul 10, maka Anda bisa mengonsumsi buah pada pukul 7.

Jadi, apa saja buah yang bagus untuk makan malam? Dari sekian banyak buah-buahan, ada 10 yang kami rekomendasikan.

1. Apel

Satu buah apel mentah dengan berat 182 gram, mengandung kalori total 95 kkal. Selain rendah kalori, ini tak mengandung lemak serta kolesterol. Jelas, ini menunjukan apel merupakan buah untuk diet yang bagus.

Selain itu, apel juga mengandung serat. Kandungan ini mampu memperlambat pencernaan sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Tentu saja ini baik untuk program diet Anda.

2. Pisang

Kalori yang terkandung pada pisang ukuran sedang, biasanya mengandung 105 kkal. Kadar kalori yang minim ini juga didukung dengan berbagai nutrisi menyehatkan. Termasuk, serat dan potasium yang memberi efek kenyang.

Menariknya, pisang juga memiliki kandungan antioksidan. Keberadaannya berfungsi membuang racun-racun dalam tubuh Anda. Jadi, selain tubuh terkontrol, Anda juga bisa lebih sehat. Tak perlu ragu untuk konsumsi pisang sebagai makanan malam hari untuk diet.

3. Kiwi

Mungkin buah kiwi tak begitu populer. Namun faktanya, kiwi adalah makanan malam hari untuk diet yang bagus. Anda perlu mencoba untuk membuktikannya.

Dalam 100 gram, kiwi hanya mengandung 56 kalori dengan 14,7 gram karbohidrat di dalamnya. Kelebihan kiwi terletak pada keberadaan serat, vitamin C, kalium, dan kalsium dengan jumlah relatif tinggi. Menariknya, kiwi juga termasuk buah dengan nol persen lemak dan kolesterol. Tentu, sangat bagus bukan untuk Anda?

4. Strawberry

Strawberry memiliki berbagai kandungan yang sangat ideal untuk Anda konsumsi sebagai camilan malam untuk diet. Selain tinggi serat, strawberry memproduksi dua hormon vital untuk membuat proses pembakaran lemak semakin baik, yakni adiponektin dan leptin. 

Hal terpenting, kalori dalam strawberry terbilang sangat rendah, hanya 32 kkal per 100 gram. Sebagai pengganti nasi, buah ini juga memiliki sekitar 7 gram karbohidrat. Tak heran jika ia menjadi favorit pelaku diet.

5. Blueberry

Memang, menemukan buah ini tak semudah strawberry. Namun, jika Anda menemukannya, cobalah untuk membeli dan mengkonsumsinya. Blueberry juga termasuk kategori berry yang rendah kalori  dan mengandung karbohidrat dalam jumlah cukup.

Selain itu, ada banyak penyakit yang bisa Anda cegah dan atasi dengan rutin mengkonsumsinya. Sebut saja masalah jantung, penuaan dini, peradangan, hingga kanker.

6. Alpukat

Sebagian orang menganggap alpukat tak sebaiknya dikonsumsi saat diet. Mungkin karena angka kalori cenderung tidak rendah, ada di angka 160 kkal per 100 gram. Namun, sebenarnya angka itu relatif standar. Apalagi, jika Anda mencermati khasiatnya yang lain.

Kandungan serat dan air dalam alpukat relatif tinggi. Keduanya bisa membantu program diet Anda. Belum lagi jika Anda mempertimbangkan kandungan kalium, magnesium, vitamin A, vitamin C serta vitamin K.

7. Semangka

Ada anggapan, semangka malah bikin gemuk. Hal itu benar, jika Anda mengkonsumsinya tepat sebelum tidur. Namun, jika Anda memberikan jarak sekitar 3 jam, semangka justru baik untuk Anda konsumsi.

Selain relatif rendah kalori, dan lemak, buah ini juga kaya air sehingga membantu Anda kenyang dalam waktu lama. Menariknya, meski hanya mengandung 31 kkal per 100 gram, semangka punya 7,45 gram karbohidrat yang cukup membantu mengganti nasi.

8. Mangga

Jika sedang musimnya, cobalah untuk mengkonsumsi mangga. Buah ini juga cocok untuk Anda konsumsi sebagai pendukung diet. Kandungan seratnya tergolong tinggi untuk melancarkan pencernaan dan memberikan efek kenyang. 

Setiap 100 gram, rata-rata mangga mengandung 60 kkal, jumlah yang lumayan rendah bukan? Kekayaan vitamin, mineral, serta antioksidan juga bisa memberikan berbagai pengaruh positif lain bagi kesehatan. Ketiadaan lemak dan kolesterol, jelas semakin membuatnya menarik.

9. Pepaya

Pepaya tak bisa kami lewatkan dalam daftar ini. Ada banyak alasan untuk menempatkan pepaya dalam daftar ini. Termasuk, kandungan kalorinya yang hanya sekitar 42 kkal per 100 gram.

Poin menarik lain, pepaya juga dapat meningkatkan pergerakan, melancarkan pencernaan, mengurangi peradangan, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Berpijak kepada kekayaan nutrisinya, muncul juga gerakan diet pepaya.  

10. Jeruk nipis

Ternyata, jeruk nipis juga merupakan buah yang cocok untuk diet malam hari. Apabila tahan dengan rasa asamnya, Anda bisa makan dengan cara persis mengkonsumsi jeruk pada umumnya. Sebaliknya, jika tak tahan, Anda bisa peras dan tuang ke air hangat.

Selain membantu tubuh kenyang lebih lama, jeruk nipis juga mengandung polifenol, senyawa antioksidan yang mampu menahan kenaikan berat badan sekaligus mencegah penumpukan lemak. Sayangnya, banyak orang tak sanggup diet jeruk nipis karena kalah dengan rasa asamnya.

Rekomendasi

Selain 10 daftar di atas, buah-buahan lain juga bagus untuk Anda konsumsi. 

Syaratnya, untuk hasil optimal, Anda perlu memberi jarak antara waktu memakannya dan waktu tidur. Selain itu, pastikan bahwa konsumsinya tak berlebihan. Jika kaidah ini Anda tabrak, jangan heran jika hasil yang Anda dapatkan malah sebaliknya.

Apabila Anda ingin mengganti nasi secara total dengan buah-buahan, kami tak menyarankan hal itu dilakukan terus menerus. Meskipun ada bukti suksesnya, Anda sebaiknya tetap berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi.

Oh ya, hal penting lainnya, kesuksesan diet juga sangat tergantung dari pola hidup yang Anda jalankan. Semua usaha Anda akan sia-sia jika berbagai kebiasaan merusak tubuh tak Anda tinggalkan.

Maka, sebagai panduan hidup sehat, Anda bisa membaca sekaligus berlanggan artikel dari Supergoat Indonesia. Selain membahas buah untuk diet malam, kami juga banyak menulis masalah lain seputar kesehatan.

Yuk, hidup sehat bersama Supergoat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.