fbpx

Bahaya! 5 Buah Penyebab Asam Urat Ini Wajib Anda Hindari

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Faktanya ada beberapa jenis buah yang mengandung purin tinggi dan bisa memperparah gangguan asam urat jika dikonsumsi berlebihan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Apakah aktivitas harian mulai terganggu karena nyeri pada persendian akibat asam urat? Jika demikian Anda perlu mengoreksi pola makan sehari-hari yang mungkin mengandung banyak zat purin pemicu asam urat.

Jangan salah, bahkan buah-buahan dan sayuran juga mempunyai kandungan purin yang mungkin turut bertanggung jawab menjadi penyebab nyeri sendi.

Berikut beberapa buah penyebab asam urat sebagai referensi dalam menjaga kesehatan sendi.

Daftar Buah-Buahan yang Dapat Menyebabkan Asam Urat

Asam urat sendiri sebenarnya bukanlah komponen yang berbahaya, melainkan hasil sampingan dari proses pencernaan purin.

Pada kondisi normal asam urat tersebut berlaku sebagai antioksidan pelindung lapisan pembuluh darah.

Namun masalah bisa terjadi kadar asam urat terlalu tinggi sehingga ginjal sulit membuangnya dari tubuh. Akibatnya kristal asam urat akan berkumpul pada daerah persendian. Inilah yang selanjutnya menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit yang mengganggu.

Untuk menghindari problem kesehatan tersebut Anda perlu mencermati baik-baik asupan makanan sehari-hari. Sebaiknya hindari hidangan dengan kandungan purin tinggi, termasuk buah pantangan asam urat berikut:

1. Nangka

buah nangka

Nangka memang kaya akan serat, vitamin A dan C, namun kandungan purinnya juga terbilang tinggi. Inilah sebabnya Anda perlu menghindarinya jika memang mempunyai gangguan asam urat.

Konon pada buah nangka muda kandungan purinnya lebih tinggi, sehingga Anda juga perlu berpantang olahan nangka muda, seperti lodeh dan gudeg.

2. Aprikot

Gangguan asam urat yang parah dapat menjadi penyebab terbentuknya batu ginjal dan untuk menghindarinya jangan mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan kalsium oksalat.

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat sesuai kategori tersebut adalah buah aprikot baik yang segar atau pun kering.

3. Kiwi

buah kiwi

Untuk penyuka buah kiwi Anda juga perlu membatasi konsumsinya terutama jika memiliki masalah asam urat. Sama seperti aprikot kiwi juga mengandung kalsium oksalat yang cukup tinggi.

4. Durian

Walaupun cita rasanya yang lezat membuatnya dijuluki Raja Buah, namun durian termasuk buah pantangan asam urat dan kolesterol. Ini karena tingginya kadar purin dalam buah tersebut yang bisa menumpuk dalam tubuh jika Anda menyantapnya berlebihan.

Efek samping durian yang juga perlu Anda waspadai adalah batu ginjal, serangan stroke, hingga meningkatkan resiko penyakit jantung.

5. Nanas

buah nanas penyebab asam urat

Tahukah Anda jika alkohol juga dilarang bagi penderita asam urat?

Alasannya yang pertama adalah membuat kadar asam urat dalam darah semakin tinggi, dan kedua alkohol mempersulit tubuh membuang kelebihan asam urat.

Dengan begitu Anda juga wajib menghindari buah-buahan yang dapat berfermentasi menjadi alkohol dalam usus, salah satunya adalah nanas. Selain nanas sebaiknya batasi juga konsumsi kelapa, kelapa kopyor, termasuk air kelapa dengan alasan yang sama.

Kesimpulan

Untuk mengendalikan kadar asam urat dalam darah Anda perlu menghindari aneka jenis makanan dengan kandungan purin tinggi termasuk beberapa jenis buah.

Selain itu Anda juga perlu menerapkan diet sehat untuk menjaga berat badan tetap ideal dalam rangka menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jangan lupa menambahkan Supergoat, susu kambing etawa bubuk yang kaya nutrisi sekaligus mempunyai khasiat penyembuhan dalam diet Anda.

Semoga informasi daftar buah penyebab asam urat di atas dapat membantu Anda menyusun menu sehat untuk meringankan penyakit tersebut.

Klik subscribe untuk update informasi terkait gaya hidup dan kesehatan bersama Supergoat.  

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.