fbpx

6 Buah Penambah ASI Busui dan Tetap Berkualitas

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Beberapa jenis buah-buahan berikut berkhasiat meningkatkan produksi ASI agar buah hati tumbuh sehat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Air Susu Ibu (ASI) dapat dibilang merupakan sumber kehidupan bayi pada enam bulan pertama atau bahkan hingga mencapai tahap balita. Karena itu ibu perlu memastikan produksi ASI-nya mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati sekaligus menunjang kekebalan tubuhnya. Untuk itu Anda perlu menerapkan pola makan sehat termasuk memperbanyak asupan buah penambah ASI.

Lalu buah-buahan apa saja yang dapat menjadi booster ASI alami?

Rekomendasi Buah-Buahan yang Dapat Memperlancar ASI

Brigitte Zeitlin, seorang pakar nutrisi sekaligus pendiri BZ Nutrition menyarankan busui untuk mengkonsumsi makanan penambah ASI seperti protein tanpa lemak, biji-bijian, dan sayuran. Berbagai bahan makanan sumber gizi tersebut sekaligus berkhasiat untuk meningkatkan produksi ASI.

Selanjutnya Zeitlin juga merekomendasikan untuk menambahkan dua cangkir buah-buahan setiap hari untuk memberikan asupan nutrisi penting bagi buah hati.

Ini terutama buah-buahan yang termasuk kategori galactagogues yang artinya susu, atau pendeknya buah-buah tertentu yang berkhasiat melancarkan dan memperbanyak ASI. Berikut informasinya untuk Anda.

Pepaya hijau

Jika saat hamil Anda harus menghindari pepaya hijau karena dapat membahayakan janin, namun tidak demikian saat menyusui! Alasannya pepaya hijau merupakan agen penunjang laktasi karena sanggup meningkatkan produksi hormon oksitosin pada busui yang pada akhirnya akan memperbanyak ASI.

Selain itu pepaya hijau juga merupakan sumber vitamin A, B, C, dan E. Agar rasanya semakin nikmat,  tambahkan ½  cangkir pepaya ke dalam smoothie wortel dengan tambahan susu almond dan yoghurt.

Jeruk

Alternatif jenis buah penambah ASI selanjutnya untuk Anda adalah buah jeruk yang kaya vitamin C. Sebagaimana yang dipublikasikan Kid’s Health, vitamin C akan menunjang pertumbuhan gigi dan otot pada bayi dan anak-anak.

Tidak hanya itu, vitamin C juga mengoptimalkan pertumbuhan anak serta mempercepat perbaikan jaringan pada ibu menyusui. Paling sedikit busui harus mengkonsumsi 120 miligram vitamin C per hari dan ini bisa Anda dapatkan dari dua buah jeruk ukuran sedang.  

Pisang

Selanjutnya ada pisang yang kaya serat serta kalium untuk membantu menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit. Sementara kandungan potassium-nya akan membantu memperlancar aliran ASI. Pisang juga membantu menjaga kesehatan pencernaan, termasuk mengatasi sembelit yang kerap terjadi pada ibu hamil atau menyusui karena berbagai sebab.

Alpukat

Buah berdaging hijau ini cocok sebagai cemilan penambah ASI karena kandungan nutrisinya yang luar biasa, yaitu asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9. Berbagai komponen tersebut akan membantu Anda menghasilkan ASI yang kaya gizi untuk menunjang tumbuh kembang putra-putri Anda.

Sementara bagai mama sendiri, alpukat dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal serta menstabilkan kolesterol.

Mangga

Jus mangga tanpa pemanis tambahan bisa jadi minuman agar ASI melimpah karena buah ini kaya antioksidan serta vitamin K. Selain itu, mangga juga kaya akan serat dan kalium yang dapat membantu mama menggantikan kembali nutrisi dalam tubuhnya setelah menyusui.

Melon

Kandungan air pada buah melon dapat membantu tubuh mama tetap terhidrasi serta menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kekurangan asupan air bisa berdampak pada menurunnya produksi ASI serta memicu kelelahan berat pada ibu menyusui. Terlepas dari manfaat tersebut, melon juga sumber vitamin K, B kompleks, serta, kalium, magnesium, dan folat.

Kesimpulan

Ibu menyusui perlu memastikan buah hatinya mendapatkan ASI dalam jumlah mencukupi agar tahapan tumbuh kembangnya berlangsung optimal. Untuk itu Anda perlu mengkonsumsi beberapa jenis buah penambah ASI yang termasuk dalam kategori galactagogues sebagaimana daftar di atas.

Agar hasilnya semakin optimal barengi juga dengan minum Supergoat, susu kambing etawa bubuk dengan tambahan gula aren yang sarat nutrisi dan manfaat.

Ikuti laman ini untuk update informasi bermanfaat seputar gaya hidup dan kesehatan bersama Supergoat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.