fbpx

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Pepaya? Ini Penjelasannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Untuk menjawabnya, Anda perlu tahu kandungan karbohidrat, gula, lemak jenuh, serta indeks glukemik dalam buah pepaya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Memang, umumnya buah-buahan itu rasanya manis dan mengandung gula. Termasuk, buah pepaya juga demikian. Namun, bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya?

Untuk mendapatkan jawaban yang jelas, kita perlu paham dulu dua hal;

  • Apa saja sifat zat atau makanan yang berbahaya bagi pengidap diabetes?
  • Bagaimana kandungan buah pepaya? Apakah zat di dalamnya memicu bahaya bagi pengidap diabetes?

Ketika dua pertanyaan itu sudah terjawab secara clear, maka kita bisa tarik kesimpulan mengenai boleh dan tidaknya pepaya Anda konsumsi. Nah, artikel ini akan membantu Anda menemukan semua jawabannya!

Makanan pemicu diabetes

Diabetes adalah penyakit yang terjadi akibat gangguan produksi hormon insulin yang tak mampu optimal membakar atau mengolah gula jadi tenaga. Akibatnya, kadar gula dalam tubuh jadi berlebih dan memicu berbagai gejala.

Dengan fakta di atas, ada beberapa jenis makanan yang bisa jadi pemicunya:

1. Makanan tinggi karbohidrat

Umumnya makanan dengan kriteria ini mudah tubuh cerna dan berubah jadi glukosa. Jika konsumsi secara berlebih, kadar gula darah akan makin meningkat.

2. Makanan tinggi gula

Gula, terutama yang masuk dalam jenis glukosa, adalah hal yang wajib penderita diabetes kontrol. Meskipun semua buah-buahan mengandung gula, namun kadarnya beda-beda.

3. Makanan tinggi indeks glikemik

Indeks glikemik merupakan sistem penomoran yang berhubungan dengan kandungan karbohidrat dalam makanan dengan acuan seberapa cepat makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi tidak disarankan bagi penderita diabetes. Adapun kriterianya sebagai berikut:

AngkaKriteria
Sama atau kurang dari 55Rendah
56 -70Sedang
Sama atau lebih dari 70Tinggi

4. Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans

Pengaruh makanan jenis ini bersifat tidak langsung. Peningkatan risiko diabetes muncul karena makanan-makanan ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan membuat terjadinya resistensi insulin. Dampaknya, gula darah bisa melonjak juga.

Kandungan Pepaya

Selanjutnya, mari kita lihat kandungan nutrisi dalam pepaya, “Apakah ada zat dalam buah ini yang mendukung peningkatan gula darah?”

Anda bisa temukan jawabannya satu per satu.

1. Karbohidrat dalam pepaya 

Dalam 100 gram pepaya, hanya mengandung 10,8 gram karbohidrat. Jumlah ini relatif kecil jika dibandingkan dengan buah-buahan lain seperti pisang yang bisa mencapai 25 gram untuk takaran serupa.

2. Gula dalam pepaya

Pepaya sebenarnya mengandung glukosa sebesar 4,09 gram per 100 gram. Kabar baiknya, itu merupakan angka yang wajar. Kandungan gula pada pepaya lebih rendah jika Anda komparasi dengan buah seperti nanas.

Selain glukosa, jenis gula dalam pepaya adalah fruktosa, dengan kadar sekitar 3 gram. Namun, fruktosa berbeda dengan glukosa. Bahkan, zat ini membuat rendah kadar gula darah.

3. Indeks Glikemik

Skor indeks glikemik pepaya ada di angka 60. Jika mengacu pada tabel kriteria yang sudah kami jelaskan sebelumnya, 60 itu masuk kategori sedang (medium). Angkanya di bawah buah-buahan lain seperti semangka (72) atau nanas (66)

4. Lemak Jenuh

Sebenarnya, buah pepaya mengandung lemak jenuh. Namun tenang saja, angkanya sangat rendah, hanya 0,081 gram. Dengan kata lain, nyaris bebas lemak jenuh.

Apakah penderita diabetes boleh mengkonsumsi pepaya?

Anda tentu sudah mampu menyimpulkan sendiri. Berdasarkan data-data yang kami sajikan, pepaya boleh dikonsumsi penderita diabetes. 

Bahkan, sebagaimana dikutip dari Healthline, buah pepaya malah berpotensi mengatur gula darah Anda. Hal ini sebagai dampak kandungan antioksidan alami bernama flavonoid.

Jadi, Anda tak perlu ragu untuk mengkonsumsinya ya!

Rekomendasi

Apakah buah pepaya baik untuk penderita diabetes? Ya. Hanya saja, meskipun boleh dikonsumsi, sebaiknya tetap jangan berlebihan dalam memakannya. 

Satu hal lagi, meski indeks glikemik pepaya ada dalam kategori sedang, penderita diabetes lebih utama untuk memilih buah dengan indeks glikemik lebih rendah. Jika Anda masih ingin makan buah, ada cukup banyak buah yang boleh dikonsumsi penderita diabetes dalam kategori ini. Misalnya:

  • Pir (38)
  • Apel (39)
  • Ceri (20)
  • Jeruk (40)
  • Grapefruit (25)

Selain memiliki jawaban dari bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya, Anda juga perlu menunjangnya dengan wawasan seputar makanan dan minuman sehat lainnya. Anda bisa update pengetahuan dengan terus membaca artikel terbaru dari Supergoat Indonesia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.