fbpx

Berat Badan Ideal Tinggi 160 cm dan Cara Menghitungnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Berat badan ideal tinggi 160 cm antara pria dan wanita berbeda. Namun, apapun jenis kelamin Anda, tetap penting untuk mengetahuinya.

Dengan mengetahui bobot badan yang pas, Anda bisa tahu langkah yang tepat dalam menentukan pola hidup sehat yang perlu Anda jalani.

  • Jika tidak ideal, berarti perlu melakukan program penggemukan.
  • Jika sudah ideal, langkah yang dilakukan adalah menjaga pola makan dan pola hidup yang sudah berjalan sehat.
  • Apabila ternyata terlalu gemuk atau obesitas, tentu Anda perlu memulai program diet.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal 160 cm 

Jadi, tinggi badan 160 berat badan idealnya berapa? Anda bisa mendapatkan kesimpulannya dari konsep penghitungan BMI (Body Mass Index) atau IMT (Indeks Massa Tubuh).

Rumus menghitungnya sebagai berikut:

Rumus Berat Badan Ideal Tinggi 160

Anda tinggal memasukkan angka berat badan lalu dibagi dengan 1,6 cm x 1,6 cm. Nantinya, Anda akan mendapatkan angka tertentu.

Misalnya, jika berat badan Anda adalah 60 kilogram dengan tinggi 160 centimeter atau 1,6 meter, maka cara menghitungnya 60:2,56= 23,43.

Nah, untuk menentukan idealnya, Anda perlu mencocokannya dengan matriks BMI berikut ini. Jika diperhatikan, angka 23,43 masuk dalam zona hijau yang menandakan bahwa berat badan tersebut terkategori ideal.

Sayangnya, Anda tak bisa mengacu pada matriks BMI di atas secara mutlak. Indonesia melalui Kementerian Kesehatan memiliki acuan tersendiri mengenai bobot ideal dengan mengacu pada lokalitas kehidupan masyarakat.

Berat Badan Ideal 160 untuk Pria

Apakah berat ideal bagi pemilik tinggi 160 cm hanya 60 kg? Tentu saja tidak. 

Mengacu pada rekomendasi Kementerian Kesehatan, berat badan ideal tinggi 160 pria ada pada rentang poin BMI 18-25. Jika dikonversi pada angka sebenarnya, ada pada kisaran 47,7 hingga 65,9 kilogram.

Jika sekarang Anda memiliki berat di antara itu, maka Anda sudah dapatkan berat ideal. 

Berat Badan Ideal 160 untuk Wanita

Kementerian Kesehatan menetapkan berat badan ideal tinggi 160 wanita ada pada poin matriks yang berbeda dengan pria. Untuk wanita, rentang poin BMI-nya ada pada angka 17 hingga 23.

Dengan demikian, beratnya dapat dikatakan normal 46,5 hingga 59,1 kilogram. Selama bobot Anda masih dalam rentang di atas, maka Anda tinggal menjaganya saja.

Cara menjaga berat badan ideal untuk 160 cm

Kami ucapkan selamat jika kini berat badan Anda sudah ideal. Namun, sebaiknya Anda tak merasa jumawa. Anda tetap harus melakukan hal-hal yang tepat untuk menjaganya tetap ideal. 

Jadi, apa yang harus dilakukan pemilik tinggi 160 cm untuk dapatkan berat ideal? 

1. Pertahankan pola hidup sehat

Jika selama ini Anda sudah terbiasa tidur cukup, tidak merokok, tidak minum alkohol, atau rajin berolahraga, maka lanjutkanlah kebiasaan tersebut. 

Beberapa kebiasaan buruk di atas, bisa memicu berat badan Anda keluar dari rentang ideal jika Anda biasakan. 

2. Pertahankan pola makan sehat

Standar kebutuhan kalori harian orang Indonesia berusia dewasa adalah 2150 kkal bagi wanita dan 2625 kkal bagi pria. Selain perlu memenuhinya, Anda juga perlu memastikan agar makanan yang dikonsumsi memiliki gizi tinggi dan seimbang.

Sebaiknya, hindari juga kebiasan ngemil secara berlebihan. Beberapa cemilan dengan potensi ketagihan memiliki kadar kalori tinggi sehingga berpotensi memicu obesitas.

3. Konsumsi suplemen yang mendukung berat ideal

Ada beberapa suplemen harian sehat yang bisa Anda konsumsi agar berat Anda bisa tetap ideal. Salah satunya adalah susu kambing etawa dari Supergoat.

Secangkir susu kambing mengandung lemak MCT, salah satu jenis lemak yang dapat membantu proses metabolisme tubuh sekaligus membakar lemak jenuh. Selain itu, terdapat juga ratusan manfaat lain yang bisa Anda peroleh.

Sepanjang Anda melaksanakan tiga hal di atas, berat badan ideal tinggi 160 cm bisa Anda dapatkan dan pertahankan. Selain itu, Anda juga cenderung lebih aman dari resiko penyakit atau gangguan kesehatan. Mau kan?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.