fbpx

Berapa Sendok Makan Nasi untuk Diet? Cek, agar Cepat Langsing

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Agar diet berhasil, perhatikan berapa banyak nasi yang boleh Anda santap setiap hari.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Tahukah Anda jika berlebihan makan nasi putih dapat memicu kenaikan gula darah dan menggagalkan diet Anda? Idealnya memang mengganti konsumsi nasi putih dengan karbohidrat yang lebih sehat jika ingin menurunkan berat badan. Tetapi jika dirasa belum sanggup, cukup batasi saja konsumsinya. Nah, berikut rekomendasi berapa sendok makan nasi untuk diet yang dapat menjadi pedoman Anda.

Menggunakan Prinsip Diet Karbohidrat untuk Mengatur Porsi Nasi

Untuk mempertahankan atau mengurangi berat badan prinsipnya adalah dengan mengatur porsi makan! Ini karena Anda perlu memastikan bahwa jumlah kalori yang masuk sebanding dengan yang terbakar akibat aktivitas fisik. Jika tidak, tentu sulit untuk mengontrol berat badan.

Salah satu cara yang dapat Anda coba adalah mengatur porsi makan untuk diet berdasarkan prinsip a low carb diet (diet karbohidrat).

Sebagaimana diwartakan www.alodokter.com, Anda direkomendasikan mengonsumsi karbohidrat setengah dari kebutuhan total kalori, yaitu sekitar 2.000 kalori per hari. Ini bisa Anda dapatkan dari 225 gr sampai 325 gr karbohidrat. Sementara jika ingin menerapkan a low carb diet, jumlah asupan karbohidrat perlu dipangkas menjadi 60 gr sampai 130 gr. Jumlah tersebut mengandung sekitar 240 sampai 520 kalori.

Berdasarkan prinsip tersebut begini cara menghitung porsi nasi saat berdiet dalam rangka mengurangi karbohidrat.

Berapa Sendok Makan Nasi yang Benar jika Ingin Melangsingkan Badan

Tentu tidak mudah memperkirakan 130 gram karbohidrat itu sebanyak apa, namun sebagai gambarannya dalam 100 gr nasi terdapat 40 gram karbohidrat. Lalu 100 gr nasi sama dengan berapa sendok? Ini kira-kira setara dengan sekepalan tangan orang dewasa atau antara 8 hingga 10 sendok makan. Jadi, Anda bisa mengonsumsi 100 gr nasi setiap kali bersantap, tetapi tanpa asupan karbohidrat dari sumber lain.

Namun untuk mendapatkan keragaman asupan nutrisi, Anda sebaiknya menyelang-nyeling asupan karbohidrat dari makanan selain nasi. Misalnya 120 gr singkong, 135 gr ubi, 210 gr kentang, atau 3 lembar roti tawar yang semuanya setara dengan 40 gram karbohidrat.

Sebelum memulai program diet karena ingin menurunkan berat badan, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Pasalnya setiap orang mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda tergantung jenis kelamin, aktivitas harian, dan riwayat kesehatan.

Penutup

Sekarang Anda sudah tahu berapa sendok makan nasi untuk diet agar cepat langsing, lalu bagaimana kalau masih sering tergoda untuk ngemil? Tak perlu khawatir, ada Supergoat, susu kambing instan dengan tambahan gula aren yang kaya nutrisi sekaligus mengenyangkan perut dalam waktu lama. Diet jadi lebih nyaman tanpa “tersiksa” karena kelaparan. Selamat mencoba!

Subscribe laman ini sekarang untuk update informasi bermanfaat seputar gaya hidup dan kesehatan bersama Supergoat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.