fbpx

Sering Lemas? Ini Dia 11 Tips Agar Badan Selalu Fit dan Segar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Tubuh dapat mengalami lemas akibat kekurangan energi, cairan, tidur, dan sebagainya. Dengan menerapkan tips bugar anti lemas, Anda dapat menjaga badan tetap segar dan fit untuk beraktivitas.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Di tengah aktivitas yang padat, tentu sangat penting untuk menjaga agar badan selalu fit dan segar. Karena tanpa tubuh yang bugar, maka rencana kegiatan Anda bisa jadi berantakan.

Untuk itu, Anda dapat menerapkan 13 cara merawat tubuh agar tetap sehat dan segar berikut ini.

Minum Segelas Air Setiap Jam

Tidak ada keraguan bahwa asupan air yang cukup sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Bahkan, tidak hanya fisik, kekurangan air secara akut juga dapat menurunkan kemampuan konsentrasi dan kesehatan mental.

Karena itu, Anda perlu melengkapi kebutuhan cairan harian diri dan keluarga. Bagi setiap orang, kebutuhan cairan dapat berbeda sesuai dengan usia, berat badan, dan aktivitasnya.

UsiaStandar kebutuhan cairan per hari
0 – 6 bulan700 ml
7 – 12 bulan800 ml
1 – 3 tahun1.300 ml
4 – 8 tahun1.700 ml
9 – 13 tahunlaki-laki = 2.400 ml, perempuan = 2.100 ml
14 – 18 tahunlaki-laki = 3.300 ml, perempuan = 2.300 ml
> 18 tahunlaki-laki = 3.700 ml, perempuan = 2.700 ml.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut, akan lebih baik untuk selalu menyediakan air minum di dekat Anda. Dengan demikian, Anda bisa minum 1 gelas setiap jam untuk memastikan kebutuhan cairan selalu terpenuhi.

Makan yang Cukup

Nutrisi yang cukup juga sangat penting untuk menunjang kebugaran tubuh. Contoh sederhananya, ketika kurang makan, Anda akan merasa lemas dan tidak bersemangat melakukan apapun.

Karena itu, menjaga asupan makan sangat perlu agar Anda memiliki cukup energi untuk beraktivitas. Upayakan untuk tidak melewatkan jam makan meski sedang banyak kegiatan.

Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi makanan/minuman kaya energi maupun seperti su.

Buah dan Sayur Setiap Hari

Nutrisi tak hanya soal energi. Kebutuhan nutrisi mikro seperti vitamin dan mineral juga penting agar metabolisme tubuh berlangsung optimal.

Lalu, dari mana Anda mendapatkan vitamin dan mineral tersebut?

Tentunya sumber vitamin dan mineral yang baik, mudah, dan murah adalah dari sayur dan buah. Dua jenis makanan ini juga menjadi sumber serat yang bagus bagi tubuh Anda.

Atau, Anda juga bisa mendapatkannya dari susu kambing bubuk Supergoat. Selain kaya vitamin dan mineral, Supergoat juga diperkaya dengan serat inulin yang bagus bagi pencernaan Anda.

Kandungan Vitamin pada Susu Kambing Etawa

Katakan Tidak pada Rokok, Alkohol, dan Junk Food

Tiga hal di atas merupakan penyebab utama yang membuat kesehatan tubuh menurun.

Rokok mengurangi kemampuan jantung dan paru-paru Anda sehingga membuat tubuh mudah capek. Sementara alkohol menghilangkan kemampuan berkonsentrasi dan merusak liver atau hati.

Adapun junk food seperti makanan cepat saja serta minuman berkarbonasi dapat menumpuk kalori yang luar biasa besar. Dalam jangka panjang, makanan ini justru lebih banyak merusak daripada membuat tubuh segar.

Jadi, jauhi 3 hal tersebut agar badan Anda selalu bugar dan fit setiap hari.

Jangan Malas Bergerak

Asupan makanan dapat menjadi penyakit jika Anda biarkan menumpuk di tubuh Anda. Maka dari itu, gerakkan tubuh untuk membakar kalori yang masuk dan mendapatkan tubuh yang bugar.

Aktivitas fisik juga terbukti mampu mempertahankan massa otot dan membuat tubuh Anda tetap kuat.

Jika selama ini Anda banyak bekerja di atas kursi atau di balik meja, maka mulai sekarang sisihkan waktu untuk bergerak. Sekadar peregangan selama 5 menit setiap 90 menit bisa membantu agar badan selalu fit dan segar.

Olahraga Aerobik 3x Seminggu

Olahraga aerobik adalah jenis olahraga yang meningkatkan kemampuan paru-paru dan jantung dalam mengalirkan oksigen lewat darah. Semakin baik kerja jantung dan paru-paru, semakin bugar tubuh Anda.

Ini karena tubuh membutuhkan oksigen dan nutrisi agar dapat terus beroperasi. Sebagai contoh, jika otak Anda kekurangan oksigen, maka tubuh Anda akan menerima sinyal mengantuk.

Kode mengantuk ini merupakan cara tubuh berbicara bahwa Anda perlu mengurangi aktivitas dan meningkatkan pernapasan.

Dengan meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru, Anda bisa lebih kuat dan bugar karena oksigen dan energi jadi lebih mudah mengalir.

Olahraga aerobibk sangat bermanfaat agar badan selalu segar dan fit

Istirahat yang Cukup

Selain cukup nutrisi dan aktivitas, istirahat yang cukup juga menjadi syarat agar tubuh tetap fit dan bugar.

Kekurangan tidur akan membuat tubuh Anda lemas dan menuntut kompensasi istirahat tambahan. Namun, terlalu banyak tidur juga memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat Tidur

Bagi orang dewasa, usahakan untuk mencukupi kebutuhan tidur antara 7-8 jam per hari. Jika tidak bisa Anda penuhi saat malam, maka sisihkan sebagian waktu siang untuk istirahat.

Pertahankan Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan dan kebugaran tubuh memiliki hubungan erat yang saling menguatkan.

Memiliki berat badan ideal dapat membantu Anda bergerak dan menjaga kebugaran tubuh, dan sebaliknya. Begitu pula berat badan yang kurang atau berlebih, akan semakin membuat malas bergerak sehingga kebugaran tubuh juga makin berkurang.

Berapa berat badan ideal?

Paling mudah adalah dengan menggunakan rumus TB (cm) – BB (kg). Jika hasilnya masih berada di antara 100 – 110, maka berat badan Anda masih ideal.

Agar tubuh Anda tetap segar dan fit, cobalah untuk mempertahankan rentang berat badan Anda di angka tersebut. Bila perlu, Anda dapat mencoba cara diet sehat yang tidak memberatkan bagi tubuh.

Jalankan Kebiasaan Bersih dan Sehat

Bisa jadi Anda sudah memenuhi semua syarat agar tubuh segar dan bugar. Baik dari segi makanan, nutrisi, aktifitas, olahraga, hingga waktu istirahat yang cukup.

Namun, selalu ada risiko di mana Anda mengalami sakit, terutama yang mudah menular seperti flu common cold. Untuk itu, upayakan untuk selalu menerapkan kebiasaan bersih dan sehat.

Kebiasaan penting yang mampu menjaga kesehatan Anda antara lain:

  1. cuci tangan pakai sabun saat akan makan atau setelah interaksi dengan orang sakit;
  2. menjaga jarak fisik dengan orang yang sedang sakit;
  3. memakai masker atau penutup hidung saat berada di lokasi rentan penularan penyakit;
  4. mandi dengan sabun dan sampo 2x sehari; dan
  5. sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur.
kebiasaan hidup sehat agar badan selalu segar dan fit

Menjalankan pola hidup bersih dan sehat bukan berarti paranoid. Ini merupakan salah satu bentuk untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat, segar, dan bugar.

Jaga Hubungan Baik dan Berpikir Positif

Jangan kira menjaga badan agar fit harus selalu berfokus pada masalah fisik. Masalah mental juga dapat mempengaruhi fisiologis tubuh dan hadir dalam bentuk gangguan fisik. Dalam dunia kesehatan, hal ini disebut psikosomatis.

Maka dari itu, upayakan untuk selalu berpikir positif dan menjaga silaturahim dengan baik. Entah kepada keluarga, tetangga sekitar, saudara, hingga rekan kerja Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menerapkan 7 tips menjaga kesehatan mental berikut.

Minum Susu Supergoat Setiap Hari

Susu Kambing Supergoat membantu agar badan selalu segar dan fit

Susu Supergoat sangat bermanfaat dalam membantu menjaga agar badan selalu fit dan segar. Ini karena manfaatnya mencakup:

  1. mengandung energi tambahan untuk beraktivitas;
  2. kaya nutrisi vitamin, mineral, dan serat inulin dari gula aren;
  3. membantu dalam menjaga berat badan tetap ideal;
  4. mengandung prekursor serotonin dan melatonin yang membuat santai dan istirahat lebih berkualitas; serta
  5. menguatkan sistem imun sehingga tidak mudah sakit.

Dengan kata lain, kombinasi manfaat Supergoat dapat membantu Anda menjaga tubuh agar tetap sehat, segar, dan bugar.

So, ingin agar badan selalu fit dan segar? Mulailah dengan mengonsumsi segelas susu Supergoat dan rasakan manfaatnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.