fbpx

Apakah Diet Boleh Makan Mie Instan? Begini Penjelasannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Benarkah makan mie diperbolehkan saat Anda tengah menjalani program diet pelangsingan badan? Cari tahu jawabannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Tubuh yang ramping tidak hanya mendukung penampilan, tapi juga berkontribusi bagi kesehatan. Untuk menurunkan berat badan, pada prinsipnya Anda perlu memangkas asupan kalori harian misalnya dengan mengurangi konsumsi karbohidrat atau menggantinya dengan yang lebih sehat. Lalu bagaimana dengan mi? Apakah diet boleh makan mie?

Boleh Makan Mi saat Sedang Diet

Sebelumnya Anda perlu mengetahui dulu kebutuhan kalori per hari yang memberikan pasokan energi agar aktivitas harian berjalan lancar. Pada kondisi normal, rata-rata orang memerlukan 2000 kalori per hari, namun saat diet jumlah tersebut dikurangi menjadi 800 sampai 900 kalori. Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan asupan sejumlah 200 gr sampai 225 gr karbohidrat.

Sekarang coba kita cermati berapa jumlah kalori yang terkandung dalam mi instan yang dijual bebas. Faktanya dalam satu kemasan mi instan seberat 35 gr sampai 40 gr terkandung 190 hingga 200 kalori. Sementara nasi putih dengan volume yang sama hanya mengandung 46 kalori. Kesimpulannya, kandungan kalori mi instan sekitar 4 kali lipat nasi putih.

Jadi lebih baik makan nasi atau mie untuk diet? Tidak ada yang benar atau salah, Anda tetap boleh mengkonsumsi keduanya asalkan disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian. Untuk meningkatkan kandungan nutrisinya tambahkan sayur dan protein, seperti telur, ayam atau tahu.

Rekomendasi Mi untuk Diet

Tenang saja, untuk Anda yang benar-benar ingin menghindari mi instan demi kesuksesan diet, ada beberapa jenis mie untuk diet sebagai alternatif.

Whole wheat pasta

Pasta dari tepung gandum utuh ciri khasnya bertekstur agak kasar, warnanya keruh, dan tidak sekenyal pasta biasa. Meski begitu kandungan potassium, zat besi, protein dan magnesium whole wheat pasta lebih tinggi dengan jumlah kalori yang lebih rendah.

Mi shirataki

Dengan bahan dasar umbi konyaku, mi yang satu ini semakin populer terutama bagi mereka yang sedang berdiet karena kandungan kalorinya yang rendah. Dalam setiap 100 gr mi shirataki hanya terkandung 15 gr kalori. Dengan pilihan mi sehat yang satu ini tak perlu takut lagi makan mie malam hari saat diet.

Kelp noodles

Kelp noodles terbuat dari rumput laut yang kaya serat serta kandungan kalorinya hanya 10 kalori dalam setiap 100 gr-nya. Dengan demikian Anda akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi hasrat untuk ngemil.

Agar tidak sampai kekurangan nutrisi yang justru menggangu kesehatan saat diet mengurangi berat badan Anda perlu berkonsultasi dulu dengan nutritionist. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi Supergoat, susu kambing etawa bubuk dengan kandungan gizi lengkap serta nikmat cita rasanya. Susu kambing juga berkhasiat menenangkan perut sehingga Anda lebih nyaman menjalankan diet tanpa tersiksa oleh rasa lapar.

Jadi tidak bingung lagi apakah diet boleh makan mie atau tidak, bukan? Semoga menginspirasi!

Subscribe laman ini sekarang juga agar Anda selalu update dengan informasi seputar kesehatan dan gaya hidup bersama Supergoat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.