fbpx

Pengertian dan Fakta-fakta Nutrisi yang Harus Anda Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Malnutrisi menjadi masalah kesehatan dunia. Memahami artikel ini akan membuat Anda lebih peduli untuk menjaga kesehatan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Ketika Anda baru tersadar dan belajar betapa pentingnya pola makan bagi hidup manusia, kata nutrisi pasti sering Anda dengar. Benar kan? Namun, sudah tahukah Anda, apa itu nutrisi?

Pemahaman mengenai nutrisi sangatlah penting untuk menunjang upaya Anda memiliki pola makan sempurna. Baik untuk tujuan diet, mengontrol berat badan, maupun secara lebih luas menjaga kesehatan.

Apa itu nutrisi?

Nutrisi adalah zat yang digunakan oleh organisme untuk bertahan hidup, tumbuh, serta berkembang baik. Termasuk, manusia.

WHO berpendapat, nutrisi bukan hanya bagian penting dari kesehatan manusia. Lebih dari itu, berkontribusi juga bagi pembangunan.

Nutrisi yang baik dalam tubuh manusia meningkatkan kesehatan bayi, anak, hingga ibu. Gizi yang cukup juga membuat manusia lebih produktif sehingga mampu menciptakan banyak peluang untuk memutus siklus kemiskinan dan kelaparan.

Jenis-jenis nutrisi

Terdapat 7 jenis nutrisi yang penting manusia ketahui dan perhatikan dalam setiap asupannya. 

Jika Anda bertanya apa itu fungsi nutrisi bagi tubuh manusia, maka masing-masing memiliki fungsinya tersendiri.

Nutrisi yang dibutuhkan tubuh ini antara lain:

  • karbohidrat;
  • protein;
  • serat makanan;
  • lemak;
  • air;
  • vitamin;
  • mineral.

Klasifikasi nutrisi dan khasiatnya

Untuk kepentingan ilmiah, para ahli mengklasifikasikan nutrisi ke dalam dua kelompok besar, yakni makronutrien dan mikronutrien. 

Keduanya sama-sama tubuh butuhkan. Adapun perbedaannya, terletak pada jumlah kebutuhan dan manfaat nutrisi yang terkandung di dalamnya.

1. Makronutrien

Makronutrien adalah nutrisi yang manusia perlu dapatkan secara teratur dengan jumlah yang cukup besar. Biasanya, kebutuhannya mencapai hitungan gram.

Zat yang terkategori makronutrien secara umum berfungsi menyuplai energi dan pertumbuhan untuk kelangsungan proses metabolisme tubuh.

Adapun zat-zat yang masuk dalam jenis makronutrien adalah:

Karbohidrat

Karbohidrat adalah makanan pemberi energi. Umumnya, energi manusia yang bersumber dari karbohidrat bisa mencapai 65%. Ia memberi energi dalam bentuk kalori yang tubuh butuhkan agar kuat beraktivitas.

Organ tubuh manusia seperti ginjal, otak sistem saraf, hingga otot, membutuhkan karbohidrat agar mampu berfungsi optimal. Beberapa sumber karbohidrat yang baik antara lain:

  • Nasi
  • Roti
  • Gandum
  • Jagung

Protein

Jika diibaratkan bangunan, protein adalah batu bata yang menyusun hampir semua bagian tubuh kita. Mulai dari otot, tulang, jantung, paru-paru, kulit, hingga rambut. Protein berperan dalam memelihara serta mengganti berbagai jaringan tubuh yang rusak.

Berdasarkan saran medis, 10-35% kalori manusia idealnya mesti berasal dari protein. Fungsinya semakin krusial bagi manusia dalam proses pertumbuhan, seperti anak-anak, remaja, termasuk ibu hamil. 

Manusia bisa mendapatkanya dari hewan (protein hewani) maupun tumbuhan (protein nabati). Beberapa sumber protein yang baik antara lain:

  • Daging
  • Telur
  • Kacang-kacangan
  • Susu
  • Ikan
  • Ayam

Lemak 

Lemak merupakan senyawa kimia yang tidak larut dalam air. Zat ini terbagi menjadi dua: lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Jika Anda sering mendengar bahwa lemak berbahaya, maka mungkin maksudnya adalah lemak jenuh. Sebaliknya, lemak tak jenuh justru banyak menguntungkan tubuh manusia. 

Ada banyak manfaat lemak: mulai dari berperan menyimpan cadangan energi, melarutkan vitamin A, D, E, dan K, hingga membantu memperlambat pencernaan sehingga membuat tubuh kenyang lebih lama.

Sumber lemak yang baik biasanya berasal dari lemak nabati, misalnya:

  • kemiri;
  • alpukat;
  • kedelai;
  • kelapa.

Serat

Serat adalah karbohidrat yang dapat ditemukan dari makanan nabati. Namun, serat berbeda dengan karbohidrat pada umumnya, yakni zatnya tidak mudah pecah sehingga sulit tubuh cerna. 

Dengan sifat tersebut, ketika masuk ke dalam tubuh manusia, ia akan mengelontor dan memperlancar pencernaan. 

Anda dapat menemukan serat dalam makanan berikut:

  • buah-buahan;
  • sayuran;
  • biji-bijian.

Air

Air merupakan cairan penting bagi tubuh. Bahkan, setiap bagian tubuh manusia mengandung air. Manusia yang dehidrasi, rentan mengidap berbagai penyakit. 

Bahkan, kalau diumpamakan, manusia mampu tidak mengonsumsi makanan padat berminggu-minggu, namun akan menyerah jika tidak mengonsumsi air meski hanya hitungan hari.

2. Mikronutrien

Mikronutrien adalah zat makanan yang tubuh butuhkan dalam jumlah kecil. Biasanya hanya dalam takaran miligram, mikrogram, atau IU (International Unit).

Meskipun kebutuhannya kecil, mikronutrien juga berperan penting untuk kesehatan manusia. Nutrisi yang termasuk dalam mikronutrien hanya ada dua:

Vitamin

Vitamin adalah kelompok zat dalam jumlah kecil dalam bahan makanan yang diperlukan tubuh agar berfungsi secara normal. Zat ini lazim disebut sebagai makanan pelindung.

Para ahli membagi vitamin ke dalam dua kelompok:

  • Larut lemak (dapat disimpan tubuh): A, D, E, dan K
  • Larut air (tidak dapat disimpan tubuh) : B, C, dan Asam Folat

Masing-masing jenis vitamin memiliki khasiatnya. Khasiatnya bisa Anda temukan dalam sumber asupan hewani maupun nabati. Untuk menyeimbangkan kinerja tubuh, Anda perlu berimbang dalam mengonsumsinya. 

Berikut khasiat beberapa vitamin penting ini:

Jenis vitaminFungsiSumber 
APenglihatan, pertumbuhan gigi dan tulang, penyembuhan sel epitelTomat, kubis, mangga, pepaya
B KompleksMetabolisme karbohidrat, protein, dan lemakSusu, kuning telur, daging, ikan
CMenjaga kesehatan jantung, merawat kesehatan tulangBuah-buahan, sayuran
DPenyerapan kalsiumTelur, mentega, ikan, minyak
EMenjaga kesehatan mata, otak, kulit, reproduksiSayuran daun hijau, buah-buahan, ikan laut
KPembekuan darahSayuran daun hijau, produk susu, daging, buah-buahan 
Asam FolatMencegah kecacatan otak dan saraf, perkembangan janinKacang tanah, sayuran hijau, alpukat, telur

Mineral

Mineral adalah unsur kimia yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang kecil. Zat ini menjadi komponen penting dari banyak enzim, vitamin, hormon, hingga pigmen pernafasan.

Secara spesifik, masing-masing jenis mineral memiliki fungsinya tersendiri.

Jenis mineralFungsiSumber makanan
KalsiumMemberikan kekuatan dan kekokohan pada tulang dan gigiProduk susu, tepung, sereal, telur
BesiPembentukan hemoglobinDaging, produk daging
YodiumMetabolisme normal selGaram beryodium, sayuran laut, ikan
SengPertumbuhan anak dan penyembuhan lukaASI, daging, kacang-kacangan, ikan
FluorMenjaga gigi tetap kuatAir

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda perlu menyadari bahwa mempertimbangkan setiap kandungan nutrisi pada setiap asupan makanan sangatlah penting.

Pemahaman tentang apa itu nutrisi idealnya membuat Anda semakin terdorong memiliki gaya hidup sehat. Sebagai penunjang, Anda bisa membaca banyak wawasan penting seputar kesehatan dari berbagai artikel Supergoat Indonesia.

Yuk, budayakan hidup sehat bersama Supergoat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.