fbpx

10 Cara Agar Marketplace Facebook Dilihat Banyak Orang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Sekadar upload tanpa optimasi dapat membuat marketplace Facebook sepi. Beberapa cara sederhana berikut dapat membuat marketplace FB Anda dilihat lebih banyak orang.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Marketplace Facebook punya potensi yang besar untuk menghasilkan penjualan. Sayangnya, masih banyak penjual yang belum menerapkan cara agar marketplace Facebook dilihat banyak orang.

Kebanyakan penjual di Facebook marketplace hanya menerapkan cara standar, yaitu upload dan berdoa agar ada yang menghubungi. Hasilnya, tentu saja bakal postingannya tentu saja bakal sepi.

Padahal, dengan menerapkan beberapa tips agar marketplace Facebook banyak dikunjungi, hasilnya bisa jauh berbeda.

Nah, artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah mengoptimalkan Facebook marketplace dan memaksimalkan penjualan. Simak sampai selesai.

Tampilkan Gambar Produk yang Unik dan Berbeda

Kata kuncinya adalah unik dan berbeda. Karena itu, Anda perlu melihat foto produk dari para kompetitor Anda.

Akan lebih baik jika Anda melakukan pemotretan sendiri. Tetapi, kalau pun Anda mendapatkan foto produk dari supplier, Anda tinggal mengeditnya agar tampak berbeda.

Edit Foto Produk Agar Tampil Beda

Gunakan warna, font, dan elemen yang tidak terdapat pada foto produk kompetitor Anda. 

Bila perlu, Anda juga dapat menambahkan tulisan yang persuasif pada gambar produk tersebut. Tujuannya, selain agar tampak unik, juga dapat menunjukkan keunggulan dan manfaat utama produk Anda untuk klien.

Tunjukkan Gambar Riil Tanpa Editan

Berbeda dengan marketplace biasa yang orang sudah paham bahwa proses pengiriman produk bisa agak lama. Para calon pembeli di marketplace Facebook biasanya berasal dari kota tempat Anda melakukan pencarian dan sekitarnya.

Motivasi para calon buyer dalam membeli di marketplace FB biasanya adalah agar lebih cepat dapat barang. Dengan menunjukkan gambar riil tanpa editan, para calon pelanggan akan menganggap bahwa Anda memiliki stok barang dan siap melakukan pengiriman.

gambar produk riil membuat marketplace facebook dilihat banyak orang

Bukannya gambar perlu diedit agar unik dan berbeda?

Ya. Tetapi yang dimaksud di sini adalah gambar tambahannya. Jadi, upayakan agar Anda mengupload lebih dari 1 gambar untuk setiap produk. Gambar utama perlu Anda edit, sedangkan gambar tambahannya menggunakan foto produk riil.

Gunakan Keyword yang Tepat

Keyword adalah kata atau frasa yang sudah terbukti banyak orang mencarinya di mesin pencari. Bukan hanya di Google, media sosial juga memiliki daftar keyword yang sering orang cari.

Bagaimana cara menemukannya? Anda bisa menggunakan suggested keyword yang Facebook sediakan.

Untuk menggunakan suggested keyword, Anda tinggal mengetik 2-3 kata awal di FB marketplace. Facebook lalu akan mengusulkan beberapa kata yang paling banyak orang cari di wilayah Anda.

Anda bisa menggunakan suggested keyword yang berbasis dari produk maupun manfaat atau fitur. Contohnya, lihat gambar di bawah.

cara mencari keyword pada marketplace facebook

Anda bisa menggunakan keyword “susu kambing etawa serbuk” (berbasis identitas) maupun “susu penggemuk badan anak tanpa efek samping” (manfaat).

Lalu, di mana meletakkan keyword ini?

Yang pertama, jelas di judul. Selanjutnya di paragraf pertama deskripsi produk Anda. Kedua tempat ini yang pertama kali orang lihat saat sedang mencari produk di marketplace FB.

Upload Beberapa Kali dengan Judul yang Berbeda-Beda

Meskipun produk Anda hanya 1, bukan berarti Anda hanya punya 1 cara untuk menawarkannya di marketplace Facebook. Anda dapat mengupload produk beberapa kali dengan mengubah beberapa detail.

Contohnya, Anda dapat mengubah judul agar mencakup setiap kata kunci yang mungkin dicari orang di marketplace Facebook. Misal, Anda dapat menggunakan suggested keyword dari FB seperti susu:

  1. kambing etawa bubuk,
  2. kambing serbuk,
  3. penggemuk badan anak,
  4. penurun berat badan,

dan sebagainya.

Metode ini membuat Anda dapat menjaring calon pelanggan yang spesifik dan memang mencari solusi atas masalahnya. Ini juga sekaligus mengoptimalkan konversi penjualan Anda.

Catatan: Facebook mungkin memblokir beberapa kata yang berkaitan dengan suplemen kesehatan. Terutama yang memberikan ekspektasi berlebihan bagi penggunanya. Makanya, Anda perlu membaca dan bereksperimen tentang apa yang boleh dan tidak boleh dari Facebook.

Bedakan Juga Gambar Utama Produknya

Selain judul, foto produk yang utama juga perlu Anda ubah jika ingin melakukan beberapa kali upload. Manfaat dari hal ini ada 2.

Pertama, orang tidak menyangka bahwa penjual produk tersebut adalah sama. Kedua, Anda dapat menghindari risiko Facebook menganggap Anda melakukan spam yang dapat mengakibatkan FB menghapus produk Anda.

Tak perlu untuk membedakan semua fotonya, tapi cukup gambar utama (gambar pertama) yang tampil paling depan. Selainnya, Anda dapat menggunakan foto yang sama.

Caranya, Anda dapat menggunakan bingkai yang berbeda, atau memberikan tambahan elemen gambar yang baru. Contohnya seperti pada gambar berikut.

gambar produk yang banyak dilihat orang di marketplace facebook

Tidak bisa menggunakan software edit gambar? Gampang, gunakan saja power point biasa atau aplikasi Canva di smartphone. Anda dapat melakukan editing sederhana hanya dalam hitungan menit.

Upload untuk Setiap Kota di Sekitar Domisili Anda.

Pencarian marketplace Facebook biasanya berbasis lokasi tertentu. Jika Anda pernah menggunakan fitur pencarian, Anda akan melihat hasil pencarian berdasarkan jarak dari lokasi Anda.

Default (pengaturan standar) jarak pencarian adalah 5 km. Pengguna dapat mengubahnya jika tidak menemukan produk yang ia cari di radius tersebut.

mengatur domisili membuat marketplace FB dilihat banyak orang

Jadi, saat Anda mengupload barang jualan di marketplace Facebook, Anda dapat melakukan setting pada lokasi penjualan. Di sini, Anda dapat memilih kota atau wilayah tertentu.

Untuk mengoptimalkan agar semakin banyak orang melihat marketplace Facebook Anda,  maka Anda dapat melakukan upload produk beberapa kali. Setiap upload, Anda perlu mengubah lokasi penjualan.

Dengan cara ini, tidak hanya yang berada di sekitar Anda. Yang berada di kecamatan atau kabupaten sebelah juga dapat melihat produk Anda. Bila perlu, Anda dapat mengupload di lokasi setiap kecamatan di kabupaten/kota Anda.

Gunakan Harga yang Sebenarnya

Seringkali para penjual di marketplace FB menulis harga yang lebih murah dari sebenarnya saat upload produk. Bahkan, tak sedikit yang menuliskan Rp 0,- alias gratis. Tujuannya agar banyak yang tertarik mengklik dan marketplace facebooknya sering dilihat orang.

harga palsu di marketplace facebook bikin orang kecewa

Sayangnya, cara agar marketplace Facebook dilihat banyak orang satu ini sudah begitu banyak dilakukan. Akibatnya, orang menjadi antipati pada cara ini. Selain itu, cara ini juga dapat membuat calon pelanggan kecewa karena seolah menerima harapan palsu.

Maka dari itu, lebih baik Anda mencantumkan harga yang sebenarnya di kolom harga saat upload. Dalam artian, Anda memang berniat menjual di harga tersebut.

Share Tautan Produk Anda ke Grup Facebook

Setelah selesai mengoptimalkan desain, tampilan, dan setting saat upload produk, bukan berarti pekerjaan Anda selesai. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda dapat membagikan link produk Anda.

Di mana membagikan link produk marketplace FB?

  1. WalI atau dinding FB Anda,
  2. Grup-grup jual beli di Facebook.

Bahkan, Facebook menyediakan fitur yang dapat membantu Anda membagikan produk ke hingga 20 grup jual beli ketika upload.

Bagikan tautan agar semakin banyak yang melihat tawaran produk

Akan tetapi, tentunya Anda perlu ingat bahwa Facebook pada dasarnya merupakan media sosial. Jadi, gunakan teknik copywriting saat membagikan link produk Anda.

Selain itu, perhatikan ketentuan grup FB yang Anda ikuti. Jangan sampai Anda melakukan spam iklan yang membuat para admin grup FB bersemangat mengeluarkan Anda dari grup mereka.

Promosikan Produk dengan FB Ads

Setelah mengupload produk, Anda dapat mempromosikannya dengan Facebook Ads agar menjangkau lebih banyak orang. Pada tampilan “Penawaran Anda”, ada tombol [Promosikan Produk] yang bisa Anda klik untuk mulai melakukan iklan.

cara mempromosikan produk marketplace FB agar dilihat orang

Untuk cara mempromosikan produk dengan FB Ads akan butuh penjelasan yang lumayan panjang. Anda dapat mempelajari sendiri panduannya melalui video-video marketing di youtube atau melalui artikel lain di website ini.

Tarik Trafik dari Luar Facebook

Selain dari Facebook sendiri, Anda juga dapat menarik trafik dari luar Facebook. Ini akan sangat efektif jika Anda juga memiliki channel media sosial lainnya seperti email marketing, Youtube, Instagram, Tiktok, dan lain-lain.

Misal, Anda bisa membuat video review produk atau review manfaat di platform tersebut, lalu memberikan tautan ke produk Anda.

Untuk permulaan, upload video review  di Tiktok dapat menjadi cara tercepat bagi Anda mendapatkan trafik. Ini karena algoritma Tiktok akan menampilkan video pada banyak orang meski belum memiliki follower atau subscriber.

Nah, cobalah menerapkan 10 cara optimasi agar marketplace Facebook dilihat banyak orang di atas. Dengan melakukan optimasi secara maksimal, Anda akan melihat penambahan trafik yang memuaskan ke produk di marketplace FB. Selamat mencoba.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.